Ramadhan Tiba

By Rizki Hardi , Jumat, 10 Mei 2019 9:35:00 AM

Masuk bulan Ramadhan, kita yang muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Bukan hanya menahan makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, tapi kita pun diwajibkan untuk menahan hawa nafsu, dengan menjaga sikap dan perilaku selama sebulan penuh, dengan harapan selepas itu kita menjadi manusia yang lebih baik.

Seharusnya...
Tapi sulit. Ya, kita selama 11 bulan kebelakang sudah terbiasa dengan kebiasaan yang terkadang mengandalkan hawa nafsu, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Bahkan jika mau introspeksi, pastinya kita hampir atau malah sudah melakukan hal tersebut.

Itulah istimewanya, kita diberi 1 bulan kesempatan oleh Allah subhanahu wa ta'ala, untuk melatih diri tidak lagi mengikuti hawa nafsu. Disitulah tantangan hebatnya, bisakah selama sebulan kita lolos dari latihan ini, menjadi kebiasaan baru kita untuk 11 bulan kedepan, atau bahkan untuk seumur hidup kita.

Kalau menurut dunia medis, selama puasa pun kita memberikan kesempatan kepada "partner" yang ada di dalam tubuh kita (organ tubuh *re) untuk beristirahat, sehingga tubuh juga diberi kesempatan untuk melakukan maintenance supaya nantinya kita bisa lebih sehat lagi.

So, manfaatkan momen bulan suci ini dengan sebaik mungkin, jangan sia-siakan walaupun sekecil apapun, karena akan bermanfaat bagi kita kedepannya.

cirebon, 10 mei 2019
Orang biasa yang belajar menulis

Rizki Hardi

0 Response to "Ramadhan Tiba"

Posting Komentar