Alasan Mengapa Memilih Lagu Jepang

By Rizki Hardi , Kamis, 09 Oktober 2014 1:03:00 AM

Heave ho'

Akhirnya dapat inssspirassi untuk bisa menulis lagi
yaaa walaupun isinya ringan, kurang berbobot seperti teman-teman saya yang pandai menulis juga dengan tema-temanya yang super 'wah', saya lebih suka menulis ringan seperti ini.
Kali ini saya ingin mengangkat tema mengenai lagu
Pasti setiap manusia di dunia pernah mendengarkan lagu yang dilantunkan dengan diiringi musik yang terkadang membuat kita rileks, bersemangat atau malah galau (haduh).
Ada yang berpendapat bahwa lagu merupakan bagian dari musik, dimana musik itu sendiri adalah ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinambungan (pengertian musik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Saya pun mengakui ketika saya merasa sangat suntuk, bete ataupun teman-temannya (lah?), saya mengambil earphone lalu mendengarkan musik, dan yang biasa saya putar adalah lagu-lagu dari negeri Sakura (Jepang). 
Lho? emangnya ngerti artinya?
Jelas tidak, soalnya saya sendiri pun kurang paham secara mendalam mengenai bahasa Jepang, hanya dasar-dasarnya saja, seperti : arigatou gozaimasu = terima kasih, konnichiwa = selamat siang, watashi wa Rizki desu = nama saya Rizki, oyasuminasai = selamat tidur, aishiteru = aku cinta padamu, konbanwa = selamat malam, dll.
Tapi, bukan berarti saya tidak ingin tahu artinya, terkadang saya suka searching lirik beserta translate dari lagu tersebut. Kenapa saya lebih memilih lagu Jepang? berikut alasannya :

1. Musiknya keren
Musik sendiri terdiri dari beberapa genre. Ada rock, pop, hip-hop, R&B, dan lain-lainnya. Tapi, untuk lagu Jepang sendiri memiliki ciri khas tersendiri (saya merasanya seperti itu). Genre khas dari musik Jepang yang saya sering dengarkan adalah J-Pop dan J-Rock. Musiknya keren dan banyak yang dapat membangkitkan semangat.

2. Liriknya mengandung makna
Seperti yang telah saya akui, saya kurang memahami bahasa Jepang, sehingga sedikit kesulitan ketika mencoba untuk menyanyikan lagu yang juga saya dengarkan. Tapi, terkadang saya mencari lewat Google. Ternyata ketika di-translate, liriknya keren dan membuat tambah semangat. Contohnya lirik lagu dari salah satu band Jepang, Tetra-Fang, dengan salah satu lagunya yaitu Supernova (soundtracknya Kamen Rider Kiva). Dalam lagu tersebut tersirat pesan bahwa sebuah penyesalan tidak ada gunanya selalu ditumpuk, sehingga membuat orang tidak berani menghadapi hidup. Yang terpenting adalah memperjuangkan harapan yang masih ada (khusus untuk yang patah semangat mungkin bisa mendengar lagu ini, hehe malah promosi).

Dengan dua alasan tadi, bagi saya sudah cukup alasan yang membuat saya ketagihan mendengarkan lagu dari negeri yang terkenal dengan samurai dan olahraga sumonya.
Tapi kembali lagi, selera musik setiap orang pasti berbeda, tergantung dari kita sendiri.
Tapi yang lebih penting lagi, mendengarkan lagu tidak tentu pula dapat menghilangkan bete, sedih, kecewa maupun teman-temannya. Jelas, yang dapat menghilangkan itu semua ya dengan curhat kepada Yang Maha Kuasa (Allah swt.)

Well, that's for tonight
see ya'

best regards
Rizki Hardi

0 Response to "Alasan Mengapa Memilih Lagu Jepang"

Posting Komentar